welcome to my blog

cmlekum semua makhluk bumi.......
aku hanyalah manusia biasa yang tak terlalu bisa utarakan kata-kata
karena itu adakalanya aku rasa tak juga bisa
menganugerahi rasa tertinggal saja
semoga blog ini berguna
bagi kalian semua
dah dulu ya....
jangan lupa....
kasih coment dong ya....
please ya....
kebanyakan ya...
maklumin dech...

Kamis, 23 Juli 2009

cerpen perdanaku

Gea Dulu,Gea Ckarang

Oleh:Noviade Jusman

Malam ini,biasa dari hari terdahulunya atau sebelumnya.Gea tetap duduk di sofa ruang tamunya sambil bercanda gurau dengan mama papanya.Gea duduk ditengah terkadang membawakan suara riuh karena kekocakan dari reality show di salah satu tv swasta satu kali seminggu itu.Mamanyalah yang paling keganggu dengan suara itu,coz Gea mengeluarkan suara bak laksana petir menggerogoti rembulan.meski majas perumpamaan dari kata itu gak nyambung tapi,dah mending daripada gak sama sekali.Papanya Gea juga mengiyakan yang mamaknya gea rasain tadi.”Duch,ya kamu tolong kecilin volumenya ya”,pinta papa Gea dengan bijaksana pada anak semata wayangnya tersebut.

Kini telah pukul 7 malam.mamanya Gea nyuruh Gea buat belajar mumpung bakal ujian.Gea yang pertamanya gak dengerin yang dipinta ma mamanya terpaksa juga belajar meski dengan wajah manyun khasnya.Gea langsung beranjak ke kamarnya dan duduk manis di depan meja belajar pink pemberian papanya disudut kamarnya.Tapi,terkadang PR yang sedang dikerjainnya bikin kepala berkunang-kunang dan putar 185 kali di otaknya.

“Waduw nich soal bikin semangat gue redup adja,tadinya semangat Bung Karno dan Hatta dah jadi slogan buat belajar hari ini,tapi sekarang hanya jadi kenangan indah di hidup gue”,celutus Gea dengan gaya sok puitisnya dalam hati sanubari.Tapi,Gea berfikir tajam dan gak pantang nyerah,dia ngebayangin kalo ntar dia tinggal kelas ya malunya minta maaf,eh minta ampun.Makanya,Gea ambil lagi buku itu dan belajar demi cita-cita.”Gue mesti belajar lagi,kalo gue gak naik kelas gak tau dech dimana lagi ditarok nich muka.walaupun muka pada hakikatnya emang di depan tapi bukan geto maksudnya”,Gea berkata sendiri di meja belajarnya itu.

Pada saat yang bersamaan,Hp Gea bergetar-getar begitu kencang dari detak jantungnya.ternyata ada pesan masuk.

gea ,loe dah belajar ne hari?

gue dah tadi.belajar dong!loe gak mau khan citra sebagai anak pramuka rusak gara-gara kita gak naik kelas.gimana gea?

Laz ya plendz…

Begitulah sepenggal dari isi sms itu.Gea malas membalasnya dan bertepatan dengan gak adanya pulsa Gea adalah beeberapa faktor gak dibalasnya sms dari Rinda.

Gea berfikir panjang di alam bawah sadarnya.ia masih mikirin apa yang tadi Rinda bilang kalo citra sebagai nak pramuka rusak cuma hanya karma gak naik kelasnya dia yang kini juga menjabat sebagai ketua ekskul di sekolahnya itu.Gea tarik napas dalam-dalam dan ngomong sendiri.”Tapi,ada benernya juga ya saran si Rinda.kalo gue gak belajr gimana dong dunia gue nanti?.gue mesti belanja,eh belajar maksudnya”,kata Gea bersemangat lagi yang berkobar sebara api kompor gas nyokapnya yang masak sop kesayangannya.

Gea lumayan khusyuk mempelajari matematika sampe ketiduran.

Besok,paginya.......

”Gea bangun dong...”,kata mamanya gea sambil menggerakkan tubuh Gea bergetar begitu cepat.”ya ma...”,kata Gea singkat.dan bergegaslah Gea mandi dari pake seragam sekaligus lari gitu adja tanpa sarapan dulu.emang tradisi buat Gea ke skul tanpa sarapan dulu.

Tiba di sekolah...

”Gea yang datang lebih cepat dari hari dahulu dapat penghargaan dari temen sekelasnya.”Cieh...Gea tumben banget nich loe bisa cepet gitu datangnya,dah insaf loe”,goda Ferdi pada Gea dengan nada nyindir ala majas ironinya.Temen-temen yang lain juga bersatu pada nanya ama Gea termasuk Rinda.”wah...miss telat kita dah ganti profesi nich”,kata Rinda sambil nyubit pinggang Gea.

”Gini ya,gue mau konferensi pers ama loe pada kalo dibalik dari kesuksesan gue dalam mencepatkan diri datang,gue pengen rubah image gue dari loe pada,okey?”,konfirmasi Gea dengan nada sok wibawanya.konfirmasi itu dilanjutkan dengan tepuk tangan hadirin di kelas dan terhenti setelah buk Warina datang mengayun langkah ke kelas 11 IPS 2.Semuanya pada duduk dibangku yang semestinya dan pelajaran maematika datang membawa suguhan buat penghuni kelas itu.

Di kelas,gak disangka dari para pemirsa yang ada di lokal itu.Gea selalu angkat tangan meski rada burket kepada buk Warina buat nyelesaiin soal yang ada dipapan tulis.Semua khalayak ramai gak tahu penyakit apa yang menimpa Gea hingga beda banget Gea dulu ma Gea ckarang ne.Apalagi Rinda yang dari tadi melongo ngeliat yang di kerjain sama Gea meski salah dikit tapi gak bikin gea pantang nyerah geto adja maju terus kalo ditunjuk ma buk Warina yang terkenal dengan busana serba menor tiap kali ke skul tersebut.Kenyataan ditambah dengan wajah sumrngah ala Gea yang biasanya males banget ma buk Warina tapi kini loh gak yang seperti dulunya.

Beberapa jam kemudian...

Teng..teng...tereng...

Suara lonceng kayak nada orang nikahpun berdentang.”Gea ,gue salut banget buat perubahan loe loh.tadi,dikelas loe juga perhatiin banget tuch buk Warina.loe kok bisa kayak gitu ya?”,puji Rinda pada Gea hingga hidung Gea ngembang ngalahin bunga kembang sepatu yang diajarin pas biologi.Gea coba membuka bibir tebalnya dan menjawab pertanyaan dengan nada haru”Gue tuch gak kepengen pramuka skul kita jelek Cuma gara-gara gue gak naik kelas,apa kata dunia?kalau gue ngerusak ekskul kita dan thanks banget buat sms loe tadi malam Rin.gue jadi sadar jadinya”.

”Oh jadi gitu yah,gue punya andil dong dari perubahan loe?”,kata Rinda.”Ya lah...ayo semangat!!!”,Gea menyemangati Rinda.”Tapi,masa’ sich cuma gara-gara pramuka sama sms gue bisa buat loe ya ng dulunya 36% jadi 99,6% begini.pasti ada faktor lain ya???”,tanya Rinda yang semakin curiga.”Loe-nya adja yang terlalu mendramatisir,mang iya kok Cuma itu...”,kata Gea sambil memasang raut wajah menegangkan.”Dah dech loe jujr adja ma gue...!!!!”,kata rinta sontak membuka kedok Gea jauh lebih alam jauh lebih lelap.”Ok,gue jujur sama loe ya,sebenarnya gue mo makan ke warung mbak Sutri....”,kata gea yang terpotong saja dengan aksinya melarikan diri dari hadapan Rinda.”eh Ge...kok gue ditinggal sich...tunggu daku.....”,kata Rinda yang menyusul Gea dengan teknik lari kak seribunya.

Pulang,gea dan rinda langsung pulang geto adja gak kayak biasanya.Semua dikarenakan Gea yang biasanya nongkrong dulu di warnet bang Asril tapi,cekarang malah nyuruh pulang lebih cepat dan nasehatin rinda buat pulang itu langsung ke rumah gak bermukim dulu kelayakan.Rinda nurut adja sama Gea coz yang dibilang sobatnya itu dipikir-pikir pake naluri keibuannya da benernya juga.Makanya,mereka melangkahkan kaki ke rumah masing-masing.Tiap saban hari,Gea selalu tampa henti nyuruh Rinda ke jalan yang benar yaitu belajar palagi nich mo ujian.Rada kebalik sich,yang pada awalnya Rinda yang berapi-api buat nyuruh gea belajar lewat jalur sms tapi kini Gea yang optimistis ngajak Rinda study tiap detiknya.

Dari hari kehari,hari kebulan,bulan demi bulan dilewati dengan optimistis bagi Gea dan Rinda.Hingga hari penerimaan laporpun datang juga.Gea minta mamanya yang jemputin lapor itu.

Ternyata dan ternyata....

”ha...gila,nilai gue rata-ratanya 7 Rin”,kata Gea setengah tidak percaya.”Slamet ya,gue juga rata-ratanya 6.So,kita sukses dong”.kata Rinda.”yups dong”,balas Gea.

Kini,gea baru ngerasain indahnya jadi anak yang terpuji dan berakhlak mulia .Hingga cowok-cowok juga pada tertarik ma Gea. Bagus dech kalo gitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUkaTAKAN semuaNYA dengan INi dan Ini

SEMUANYA HANYALAH TULISAN BIASA DARIKU

bllog ini hanya sebagai transportasi dariku utuk menulis,
kalau tak indah ku mohon maaf dengan sebesar hati

yang kupinta

pada mau khan berbagi yg pernah dirasa dan yg dilakuin
gabung di blog ini
selain semua bisa ngeliat apha sich sastra sebenernya disini
kita bisa juga kok cuhatan satu sama lainnya
but,kasih coment ya
di setiap entrinya
thanks